SBH Apresiasi Langkah Pemda Provinsi Jabar Dalam Membangun Desa

Saturday, 12 December 2020


BANDUNG - Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Ir. Sri Budihardjo Hermawan, M.IPol., mengapresiasi langkah Pemda Provinsi Jabar dalam membangun desa.

“Alhamdulillah lewat program Bapak Gubernur, dan Wakil Gubernur Jawa Barat, banyak desa bisa meraih apa yang disebut desa mandiri, artinya desa di Jabar mendapat tingkatan yang lebih baik, dan hal ini patut kita apresiasi” kata pria yang akrab disapa SBH ini kepada Terasjabar.co, Sabtu (12/12/2020).

Selain itu, Politisi Partai Demokrat ini juga mengajak Pemda Provinsi Jabar untuk aktif mempromosikan produk-produk desa. Menurut ia, produk-produk yang dihasilkan desa di Jabar mempunyai kualitas mumpuni.

“Pemprov juga harus aktif dalam mempromosikan produk-produk desa, karena produk-produk yang dihasilkan desa di Jabar mempunyai kualitas mumpuni dan tak kalah dengan produk dari daerah lain”, katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyerahkan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) untuk desa berstatus mandiri ke beberapa daerah kabupaten/kota di Jawa Barat.

Maskara ini dapat menjadi operasional desa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, guna mengakselerasi pembangunan desa.

Mobil multifungsi yang bisa dimanfaatkan sebagai panggung, angkutan barang, dan sarana hiburan tersebut, diharapkan dapat menjadi penunjang kegiatan dan mengangkat potensi desa.

Pemda Provinsi Jabar sendiri menggagas inovasi Desa Juara. Desa Juara memiliki tiga pilar, yakni digitalisasi layanan desa (Desa Digital), One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Dari tiga pilar tersebut turun sederet program, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa), Jalan Mulus Desa, Sapawarga, dan banyak program lainnya.

Program-program itu dirancang salah satunya untuk memangkas ketimpangan perekonomian di wilayah pedesaan dengan perkotaan.

Sumber: Terasjabar (12/12/2020)

 

No comments:

Post a comment