Tekan Angka Pengangguran Akibat Pandemi Covid-19, Zulkifly Chaniago Minta Pemkab Sumedang Perkuat Sektor Wisata-UMKM

Saturday, 7 November 2020

 

SUMEDANG - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari daerah pemilihan Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Sumedang (SMS) H. Zulkifly Chaniago, BE. memprediksi jumlah pengangguran di wilayah Sumedang akan mengalami lonjakan akibat dampak pandemi Corona atau COVID-19.

“Jika melihat kondisi saat ini, angka penganggurannya pasti naik. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi dampak pengangguran akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini,” kata Zulkifly, Sabtu (7/11/2020).

Untuk menanggulangi hal itu, pihaknya meminta Pemkab Sumedang untuk mendorong sektor wisata dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di setiap desa sebagai solusi mengurangi angka pengangguran.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengangguran Non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah dengan cara menggerakkan sektor wisata, dan mengedepankan UMKM,” ucap Anggota Komisi IV DPRD Jabar ini.

Dirinya juga mengkritik soal kebijakan Pemkab Sumedang yang telah mengalokasikan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terlalu difokuskan untuk infrastruktur dibanding penguatan UMKM.

“Seharusnya dana PEN tersebut difokuskan untuk penguatan pada sektor UMKM. Jangan dulu dialokasikan untuk mempercantik Alun-alun Sumedang,” ujarnya.

Zulkifly berharap di tengah pandemi COVID-19 ini, sektor UMKM dan sektor pariwisata harus lebih serius untuk dikedepankan, karena hal itu juga dapat memutar roda perekonomian masyarakat khususnya untuk Sumedang.

“Mudah-mudahan dua sektor tersebut dapat menolong kondisi saat ini, terlebih sektor industri berat untuk diandalkan, karena sektor industri butuh pemulihan dengan waktu yang cukup lama,” tutupnya.

Sumber: Terasjabar (09/11/2020)

 

No comments:

Post a comment