Zulkifly Chaniago Dorong Peningkatan Anggaran Perbaikan dan Pemeliharaan Jalan Provinsi

Sunday, 9 February 2020

BANDUNG
- Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, A Koswara, mengatakan saat ini pengelolaan infrastruktur jalan masih menjadi persoalan.

Salah satu persoalan jalan tersebut, adalah sekitar 73 persen jalan milik Provinsi Jawa Barat umurnya sudah habis, yakni, sepanjang 1.735 Km dari panjang total jalan provinsi sepanjang 2.360 Km.

“Umur kontruksi jalan tersebut penanganannya di atas 10 tahun. Jadi, pembangunannya sudah lama yakni sejak 2009 sampai 2018 tak ada peningkatan jalan lagi,” ujar Koswara di acara Coffee Morning di Kantor DBMPR Provinsi Jawa Barat, Jumat (7/2/2020).

Terkait hal itu, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Demokrat Zulkifly Chaniago, BE. mengatakan dirinya akan mendorong penambahan anggaran untuk pemeliharaan dan perbaikan jalan Provinsi.

“Kita dari Komisi IV akan mendorong penambahan angaran untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan provinsi yang sudah habis umur kontruksinya”, kata Zulkifly, Sabtu (8/2/2020). 

Walaupun dirinya mengakui untuk pemeliharaan jalan tidaklah mudah karena perlu adanya konektivitas dengan kabupaten/Kota terkait.

“Untuk pemeliharaan memang berat apalagi untuk menghubungkan aksebelitas yang terkoneksi dengan kabupaten/kota,” katanya.

Jalan di Jabar pun, kata dia, banyk yang rawan kecelakaan, rawan longsor, rawan banjir, dan rawan kemacetan.


“Berdasarkan data, jalan di Jabar ini ada yang rawan kecelakaan sebanyak 295 titik, rawan longsor 391 titik, rawan banjir 43 titik, dan titik kemacetan 191 titik. Oleh karena itu peningkatan anggaran untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan provinsi sangat urgen dilakukan”, pungkasnya. 

No comments:

Post a Comment