Toni Setiawan Minta Pemprov Jabar Perhatikan Nasib Petani

Tuesday, 14 January 2020

BANDUNG
- Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Toni Setiawan mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperhatikan nasib petani dan peternak lokal Jawa Barat secara optimal.

Menurutnya saat ini petani di Jabar dihadapkan dengan persoalan ketidakjelasan jaminan harga pasar, karena banyaknya hasil pertanian dari luar yang masuk ke pasar Jawa Barat.

“Saat ini petani kita dihadapkan dengan ketidakjelasan jaminan harga pasar, saat ini juga para petani di Jawa Barat dibenturkan dengan semakin banyaknya hasil pertanian yang masuk ke pasar Jawa Barat. Hal ini berdampak pada tingkat kesejahteraan petani,” ungkap Toni di Bandung, Senin (13/1/2020).

Lebih lanjut Toni mengungkapkan, sektor pertanian dianggap mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Jawa Barat. Terlebih jika hasil komoditas pertanian dari Jawa Barat mampu diekspor ke luar negeri.

“Yang pasti, yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Jawa barat itu salah satunya ya sektor pertanian. Kita memiliki cuaca alam yang bagus, potensi pertanian kita bagus, dan jumlah penduduk juga besar, tinggal ini harus dikonsepsikan agar lebih kuat. Maka pasti saja pertanian akan menjadi kekuatan soko guru ekonomi kita,” ujar anggota Dewan dari daerah pemilihan Kabupaten Bandung ini.

Toni mencontohkan, salah satunya komoditi pertanian di Kabupaten Bandung memiliki potensi yang sangat besar, baik untuk konsumsi lokal maupun kebutuhan dalam negeri tetapi sudah berorientasi dunia untuk ekspor.

Toni pun berharap para pemangku kebijakannya dapat terus mendorong peningkatan sektor pertanian di Jawa Barat, agar kesejahteraan petani dapat terjamin.


No comments:

Post a comment