Banyak Daerah Terkena Bencana, DPRD Jabar Minta Gubernur Optimalkan Konsep Penanganan Bencana

Monday, 6 January 2020

BANDUNG - DPRD Jawa Barat mendesak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk lebih mengoptimalkan konsep penanganan kebencanaan. Terlebih saat ini banyak daerah yang terkena bencana sulit terjangkau oleh transportasi darat.
“Saya minta pemprov Jabar bisa lebih memaksimalkan lagi konsep untuk tanggap darurat bencana ini. Karena sosok gubernur ini sosok yang ditunggu oleh rakyatnya,” jelas Irfan Suryanagara, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Senin (6/1/2020).
Diungkapkannya, optimalisasi konsep penanganan bencana ini sangat penting, terlebih paska terjadinya bencana banjir ini banyak hal hal yang sulit diantisipasi di lapangan. Seperti halnya banyaknya jalur darat yang terputus.
“Banyak daerah yang terkena bencana sulit diakses melalui jalur darat. Seperti yang terjadi di Bogor, bantuan yang diarahkan kesana sulit sampai ke lokasi karena jalur daratnya terputus akibat banjir. Tentunya hal itu harus dipikirkan secara matang, bagaimana transportasi menuju lokasi bencana bisa sampai ke tujuan,” kata Irfan yang juga menjabat sebagaui Ketua DPD Partai Demokrat Jabar ini.
Oleh karena itulah pihaknya mendesak agar Gubernur Jawa Barat bisa segera memikirkan hal tersebut mengingat Jawa Barat merupakan provinsi yang cukup rawan terhadap bencana. Baik itu bencana longsor, banjir maupun pergerakan tanah.
“Harus dipikirkan juga bagaimana ada transportasi darat yang bisa menjangkau lokasi bencana. Sehingga penyaluran bantuan bagi korban bencana pun bisa tersalurkan dengan baik,” katanya.
Menurutnya hal itu sangat penting, mengingat cuaca ekstrem akan memasuki masa puncaknya di bulan Februari 2020 mendatang. Sehingga hal tersebut bisa diantisipasi dan diwaspadai sejak dini.
“Saya harap dengan kondisi seperti ini gubernur sudah harus tahu, siapkan semua logistiknya, transportasinya, supaya terjangkau untuk menembus daeah yang sulit terjangkau,” katanya.
Tidak hanya itu saja, lanjut Irfan, pihaknya meminta gubernur untuk meningkatkan anggaran kebencanaan di tahun 2020 ini. Sehingga hal tersebut bisa membantu masyarakat.
“Tentunya kami pun mendorong gubernur untuk meningkatkan anggaran bencana, karena gubernur kan sudah tahu, kalau jabar ini rawan banjir longsor. Jadi bagaimana menanggulangi ini dengan baik,” pungkasnya.
 (Sumber)

No comments:

Post a Comment