Toto Purwanto: Tradisi Gotong Royong yang Mulai Terkikis Harus Digiatkan Lagi

Friday, 6 December 2019

PURWAKARTA
-
Persoalan lingkungan hidup saat ini hampir dialami oleh mayoritas masyarakat perkotaan di Indonesia, terutama warga perkotaan di pulau Jawa. Berbagai persoalan lingkungan disekitar tempat tinggal seperti pencemaran air, polusi udara, banjir, kekeringan, kemacetan, drainase yang mampet dan sampah yang menumpuk telah menjadi kenyataan yang harus dialami warga perkotaan dalam hidupnya sehari-hari.

Demikian disampaikan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Toto Purwanto Sandy disela-sela reses yang dibalut dengan kerja bakti Jumat Bersih, di Jalan Basuki Rahmat Sindangkasih, Purwakarta, Jumat (6/12).

Menurut wakil rakyat yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Purwakarta itu, pembangunan yang dilakukan terus menerus tanpa memperhatikan aspek lingkungan ternyata telah menurunkan kemampuan bertahan lingkungan hidup. Lingkungan hidup akan mengalami degradasi.

“Lihat saja, jika sampah terus menerus dibuang ke saluran air atau solokan, akan menumpuk dan menyebabkan saluran mampet pada akhirnya terjadi banjir. Lingkungan yang sebelumnya tidak pernah banjir akan tergenang air jika musim penghujan tiba. Itu contoh kecil saja,” kata Toto.

Dia katakan berikutnya, menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup menjadi tanggung jawab bersama. Siapapun itu, mulai dari masyarakat hingga unsur pemerintahan, disemua tingkatan.

“Tradisi gotong royong yang mulai terkikis harus digiatkan lagi, kita akan dorong regulasi yang lebih spesifik berkaitan dengan hal ini. Tradisi menjaga kebersihan secara gotong royong ini harus terus digalakan. Supaya, tercipta lingkungan yang bersih dan sehat. Minimalnya, kegiatan ini menjadi bagian dari kampanye soal kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Pada agenda Jumsih yang digelar disepanjang Jalan Basuki Rahmat, Sindangkasih itu nampak hadir sejumlah unsur Muspika dan Muspida Kabupaten Purwakarta. Dan sejumlah aspirasi yang berkaitan dengan saluran air atau drainase disampaikan warga kepada wakil rakyat dari Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Jabar itu. (rmoljabar)

No comments:

Post a comment