7 Aspirasi Warga Waluran Mandiri Sukabumi ke Anggota DPRD Jabar, Hendar Darsono

Wednesday, 17 March 2021

 

SUKABUMI – Warga Desa Waluran Mandiri Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi, menyampaikan 7 aspirasi kepada anggota DPRD Jabar (Jawa Barat) Hendar Darsono. Warga berharap wakil rakyat dari Sukabumi ini bisa membantu mengatasi masalah-masalah yang dialami warga mulai dari pupuk , jalan rusak hingga penerangan jalan umum (PJU).

Aspirasi tersebut diserap diserap oleh Hendar Darsono dalam reses II tahun 2021, DPRD Jabar di aula Desa Waluran Mandiri, 8 Maret 2021 silam. Berikut pointer aspirasi yang disampaikan warga ke anggota Komisi II DPRD Jabar ini.

Pertama, warga mengeluhkan kelangkaan pupuk khususnya yang bersubsidi di tengah masa tanam. Masalah utamanya adalah belum efektifnya sistem penyaluran pupuk bersubsidi, dimana pemerintah saat ini menerapkan kartu tani sebagai satu-satunya alat mengakses pupuk bersubsidi.

"Disana warga mengeluhkan kelangkaan artinya stoknya juga tidak ada. Langsung saya sampaikan ke dinas terkait dalam hal ini Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Barat," ungkap Hendar kepada sukabumiupdate.com, Selasa (16/3/2021).

Kedua tupoksi Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, warga Waluran Mandiri juga berharap ada bantuan untuk kelompok ternak domba. Menurut Hendar ini salah satu upaya warga untuk meningkatkan penghasilan melalui ternak domba secara berkelompok.

Ketiga perbaikan ruas jalan provinsi di wilayah selatan terutama yang melintas waluran menuju kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Kondisi jalan provinsi di kawasan tersebut mulai rusak, dan butuh perbaikan oleh Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar.

Keempat, Waluran Mandiri yang saat ini tengah mengembangkan potensi wisata pangan khas yaitu Hanjeli juga butuh perhatian dari pemerintah khususnya Provinsi Jabar. "Ini aspirasi yang disampaikan pelaku wisatanya, selama ini Hanjeli menjadi poin penarik minat orang datang ke Waluran, ada potensi untuk mengembangkan wisata desa hanjeli," ungkap Hendar yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi lebih jauh.

Kelima pembangunan serta perbaikan irigasi cipinang. Irigasi ini menjadi nadi penyuplai utama kebutuhan air bagi lahan pertanian yang menjadi potensi utama di Desa Waluran. Sebagian warga juga memanfaatkan air untuk kebutuhan peternakan ikan air tawar skala rumah tangga.

Keenam, warga juga mengeluhkan keamanan pengguna jalan dan warga karena minimnya PJU (penerangan jalan umum). "Untuk aspirasi ini mereka mengusulkan pembangunan PJU tenaga surya yang lebih efisien," beber Hendar.

Terakhir, warga minta DPRD Jabar mendorong Pemerintah Provinsi untuk membantu pembangunan infrastruktur jalan rusak yaitu di Desa Mekarmukti Kecamatan Waluran.

Sumber: SukabumiUpdate (16/3/2021)

No comments:

Post a comment