Achdar Sudrajat Minta Pengawasan Penerapan Protokol Kesehatan di Tempat Kerja Ditingkatkan

Wednesday, 8 July 2020

BANDUNG
- Kedisiplinan pimpinan perusahaan dan pekerja dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja amat krusial mencegah penularan COVID-19, terutama di industri berskala besar.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Demokrat H. M. Achdar Sudrajat, S.Sos. mengatakan, Dinas Tenaga Kerja harus intens memantau penerapan protokol kesehatan serta protokol pencegahan COVID-19 di perusahaan-perusahaan.
“Kasus di Kabupaten Bekasi harus menjadi pelajaran bagi kita tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan di tempat kerja. Balai Latihan Kerja (BLK) harus berkoordinasi dengan Disnaker kabupaten/kota untuk memastikan perusahaan dan pekerja mengikuti protokol kesehatan,” kata Achdar kepada Terasjabar.co, Selasa (7/7/2020).
Dirinya mengatakan, pimpinan perusahaan dan pimpinan unit kerja serta serikat pekerja harus ikut serta mengantisipasi penyebaran COVID-19 di perusahaannya.
“Salah satunya dengan mengoptimaliasi fungsi pelayanan kesehatan kerja”, ujar legislator dari daerah pemilihan Kabupaten Bekasi ini.
Lebih lanjut Achdar mengatakan, pimpinan perusahaan diwajibkan untuk menyediakan sarana cuci tangan, menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan perusahaan secara rutin, menginstruksikan kepada pekerja untuk cuci tangan, membatasi kontak fisik antara pekerja, menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang, dan mengecek suhu tubuh pekerja.
“Jadi pimpinan perusahaan bersama serikat buruh melakukan perundingan untuk bersepakat melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran dan memutus mata rantai COVID-19 terutama di tempat kerja,” pungkasnya.
Sumber: Terasjabar (7/7/2020)

No comments:

Post a comment