Pandemi Belum Usai, Toni Setiawan Usulkan Adanya Kurikulum Sekolah Era Pandemi yang Aplikatif

Saturday, 6 June 2020

BANDUNG
 – Pandemi covid-19 yang berkepanjangan telah merubah mengubah segalanya, termasuk sektor pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang biasanya tatap muka dikelas seketika berubah menjadi pembelajar daring.

Terkait hal itu, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Drs. Toni Setiawan mengusulkan perlunya kurikulum sekolah era pandemi untuk mewujudkan proses pembelajaran daring yang berkualitas.
“Mengingat Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, ada baiknya pemerintah merancang ‘Kurikulum Sekolah Era Pandemi’ (KSEP) yang praktis dan aplikatif dengan target pembelajaran yang rasional,” ujar Toni kepada Terasjabar.co, Sabtu (6/6/2020).
Menurut Politisi Partai Demokrat ini, kurikulum yang ada sekarang sangat padat konten, sehingga ulit mendorong anak untuk belajar secara mandiri di rumah.
“Kurikulum yang ada sekarang ini sangat padat konten, sehingga sulit dipelajari secara mandiri dirumah”, katanya.
Dirinya juga menyarankan agar pemerintah memberikan keleluasaan kepada sekolah untuk menyusun pembelajaran yang mungkin dicapai oleh siswa.
“Oleh karena itu perlu adanya ‘remodelling system’ belajar yang bertujuan untuk menciptakan proses pembelajaran yang memungkinkan anak termotivasi untuk terus belajar, menjadi pembelajar mandiri, bertumpu pada proses, guru sebagai manajer pembelajaran,” pungkas legislator dari daerah pemilihan Kabupaten Bandung ini. (Sumber)

No comments:

Post a comment