KRL Tetap Beroperasi Saat PSBB, Begini Kata Anggota Komisi I DPRD Jabar Sri Budihardjo Hermawan (SBH)

Saturday, 18 April 2020

BANDUNG
- Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Ir. H. Sri Budihardjo Hermawan, M. Ipol. menyebut penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) dalam menangani virus corona, akan sia-sia jika KRL tetap beroperasi.
“Ya menurut saya tidak efektif, kalau KRL masih beroperasi,” ujar pria yang akrab disapa SBH tersebut kepada kepada Terasjabar.co, Jumat (17/4/2020).
Menurutnya, sebelum menghentikan operasi KRL, sudah seharusnya pemerintah pusat dan daerah menyiapkan alternatif lainnya bagi masyarakat.
“Misalnya opsi kendaraan umum selain KRL, yang mengangkut mereka (pekerja) atau mereka diliburkan dulu sementara oleh perusahaan, dengan jaminan biaya dari pemerintah daerah sekaligus perusahaan itu menghentikan aktivitasnya,” tutur SBH.
Anggota Fraksi Partai Demokrat itu menilai, PSBB sebenarnya tidak efektif menekan penyebaran virus covid-19 karena masih membiarkan sebagian masyarakat beraktivitas di luar rumah.
“Beda halnya jika karantina wilayah, mereka di rumah saja tetapi hidupnya dijamin. Kalau karantina wilayah itu sekaligus moda transportasi itu dihentikan operasionalnya,” sambung legislator asal daerah pemilihan Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon tersebut.
Sebelumnya, sejumlah kepala daerah mendesak pemberhentian layanan KRL selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jabodetabek.  Desakan ini muncul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan kepala daerah di Bodebek. (Sumber)

No comments:

Post a comment